Setelah menikmati keindahan alam Cappadocia dari udara, kali ini saatnya menjelajahi langsung alam Cappadocia melalui jalur darat. Ada banyak pilihan tour yang ditawarkan. Mulai dari grup tour dengan bus kapasitas puluhan orang, private jeep tour dan atv. Dengan berbagai pertimbangan akhirnya kami lebih memilih red tour dengan menyewa mobil jeep Defender. Sebelum menceritakan pengalaman trvelling kami di Cappadocia, alangkah baiknya jika kami tuliskan sekelumit sejarah mengenai Cappadocia.

Kata Cappadocia berasal dari Bahasa Persia yang memiliki arti “Negara dengan kuda kuda yang indah”.Lembah, ngarai dan formasi bebatuan unik Cappadocia berasal dari Erupsi gunung Erciyes (baca : erjiyes), Gunung Hasan dan pegunungan Gullu  pada 60 juta tahun yang lalu, dan dampak dari hujan angin yang mengikis permukaan tanah, membuat membuat struktur bebatuan terlihat unik dan mudah untuk dikikis dan digali. Cappadocia sendiri  menjadi pusat kegiatan keagamaan pemeluk agama Kristen setelah mereka melarikan diri dari kejaran bangsa Romawi pada abad ke 3 setelah Masehi. Sehingga disini anda akan banyak menemukan gereja gereja didalam bukit batu yang diukir. Bebatuan yang mudah digali dan lembah lembah yang dikelilingi pegunungan selain menjadikan daerah tersebut sebagai benteng untuk berlindung, sekaligus juga menjadi tempat persembunyian umat ksristen.

Siang ini kami mencoba untuk mengelilingi Ortahisar, Ucguzeller, Love Valley, Pigeon valley, Red valley, Camel rock, dan Cavusin. Untuk pertama kami menuju Ortahisar. Peradaban di Ortahisar dimulai dari abad 1500 sebelum masehi jauh sebelum dikuasai orang orang Persia dan bangsa romawi. Pedesaan yang unik dan bertingkat tingkat diatas bebatuan seakan menunjukan kepada kami betapa hebatnya orang orang zaman dulu. Sehingga tidak salah jika mengatakan bahwa salah satu alasan mengapa daerah ini begitu istimewa adalah keindahan rumah rumah batu dengan tekstur yang unik.

Setelah puas berfoto ria diatas benteng yang dibuat dari bukit batu, kami melanjutkan perjalanan menuju camel rock. Dari namanaya dapat dibayangkan apa yang akan kami lihat, ya, sebuah bongkahan batu yang memiliki bentuk mirip sekali dengan seekor unta. Dari kepala, leher, sampai punuknya pun sangat mirip. Dan yang membuat unik batu tersebut terbentuk secara alami alias tanpa campur tangan manusia. Yang pasti instagramable.

Suara musik ost fast furious 8 “good life” dari dalam jeep mulai terdengar nyaring.  sang sopir pun memanggil kami, dan sepertinya akan ada sesuatu yang seru terjadi.Destinasi selanjutnya kami menuju Cavusin melalui jalur offroad yang sangat menantang. Jika jalur offroad dibromo berupa pasir, disini selain pasir jugabanyak jalur bebatuan yang berliku liku. Tidak hanya jalur yang berkelok kelok, jalanan  menanjak dan menurun yang hampir vertikal pun dapat dilaluinya. Pokoknya 4 jempol buat kami. Sesampainya dicavusin, hal pertama yang kami lihat adalah benteng batu yang sangat besar dengan lubang lubang pahatn dan belum pernah kami lihat sebelumnya.  Kami hanya sebentar di cavusin dikarenakan perlu berjalan menanjak jika ingin masuk ke dalam gereja. Demi menghemat tenaga karena perjalanan yang masih panjang kami putuskan untuk segera menuju love valley melewati jalur offroad.

Keindahan alam love valley telah kami lihat sebelumnya dari balon udara dipagi hari. Namun kali ini kami ingin melihatnya lebih dekat lagi guna mendapatkan hasil jepretan yang maksimal. Jika anda ingin tahu betapa indahnya pemandangan yang kami lihat, maka anda perlu melihatnya secara langsung, karena keindahan tidak dapat diungkapkan dengan kata kata.

Jam makan siang pun tiba, kini kami istirahat seejenak sembari mengisi tenaga di Han restaurant. Selain menyajikan masakan lezat dan sesuai lidah internasional, penyajianya pun memuaskan. Dengan model prasmanan kami dapat makan sepuasnya. Daging, ikan, ayam, cake, puding, manisan, salat dsb semua lengkap dan menurut kami recommended jika anda sempat berkunjung ke Cappadocia. Sebenarnya masih banyak wisata yang ingin kami ceritakan selama kami di Cappadocia, masih ada underground city, ihlara yang ta kalah mengagumkan dari spot wisata yang lain.

BEAUTIFUL CAPPADOCIA “RED TOUR”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *